Senin, 15 Februari 2016

Tes Kemampuan Dasar Anak

TES KEMAMPUAN DASAR ANAK
 


Nama Anak                             :                     
Usia                                         :
Tempat / tanggal lahir             : 
Alamat                                                : 
Dirujuk oleh                            : 
Yang hadir pada saat tes         : 
Observer                                  : 
Tanggal Observasi                   : 
Data Anamnesa                       : 
                                                : 
                                                : 
                                               
                                               
Dapat mengikuti instruksi
Mengalami sedikit kesulitan untuk mengikuti instruksi
Mengalami banyak kesulitan untuk mengikuti instruksi
Sama sekali tidak mengerti instruksi
 



MOTORIK KASAR

Sistem keseimbangan badan
      Satu kaki diangkat dengan mata tertutup dan terbuka
      Melompat kedepan dengan satu kaki
      Berjalan diatas garis / papan keseimbangan maju / mundur ( 2 meter )

Sistem Kordinasi
Naik tangga
Melompat dan memindahkan keset kedepan

Sikap tubuh
            Melempar dan menagkap bola
Melakukan gerakan silang ( lihat contoh )

Tonus
            Posisi tidur dengan menekan tangan dan mengendurkan kembali

Motorik Planning
Melakukan suatu gerakan yang belum dikenal anak

Pengenalan kiri dan kanan
            Tutup mata kiri dan kanan
            Angkat kaki kiri dan kanan
Angkat tangan kiri dan kanan.


MOTORIK HALUS

Kordinasi mata dan telinga
            Menggunting bentuk bundar
            Meronce
            Memutar gangsing

Graphmotor
            Menggunakan alat tulis
            Mengenal / menggambarkan bentuk geometris ( kotak, segitiga, lingkaran)

Visualmotorik
            Mengikuti gerakan tongkat dengan mata

Motorik wicara
            Menggoyangkan rahang dan mengeluarkan lidah

 


TEST DAYA TANGKAP

Daya tangkap visual
            Persepsi figur dan ground
            Persepsi bentuk
            Orientasi ruang

Daya tangkap auditiv
            Perbedaan suara
            Perbedaan latar belakang suara

Sensori rasa
            Mengenali benda dengan meraba
            Mengenali gerakan jari / tangan dipunggung

Pengenalan posisi tubuh
            Mencoba menggambar orang
            Mengikuti gerakan yang dicontohkan
            Menunjuk anggota tubuh yang diminta observer

Sekuens / urutan
            Meronce seperti yang diperagakan
            Menunjuk secara beraturan
            Bertepuk sesuai irama yang dicontohkan








KEMAMPUAN INTELEKTUAL

Pengenalan dasar
            Pengenalan warna
            Berhitung 1 sampai 10
            Mengurangi dan mengetahui sisa
            Mengenali angka domino
            Mengetahui angka yang hilang dalam urutan

Pengelompokkan
            Dapat mengelompokkan benda
            Mengetahui/ mengenal tema gambar

Menyusun Cerita
            Dapat mengenali urutan cerita

Memori
            Mengenali gambar yang diperlihatkan
Mengulangi kata/ suku kata yang diucapkan

 


BAHASA

Pemahaman
            Memahami apa yang diceritakan
Memahami instruksi

Reproduksi
            Artikulasi
            Kosa kata
Komunikasi 2 arah
Tata Bahasa

 


SIKAP DAN BAHASA TUBUH

Respon anak (lambat/ sedang/ cepat)
Cara kerja anak (lambat/ sedang/ cepat)
Konsentrasi anak
Perhatian anak
Toleransi pada tingkatan frustasi anak
Hiperaktifitas anak








ANAMNESE

Kontak anak (ramah/ malas)
Mengikuti aturan
Selalu melawan
Emosi kurang bisa dikendalikan

 


SARAN

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________



Tidak ada komentar:

Posting Komentar